Minggu, 18 Oktober 2015

yes akhirnya nutup kartu kredit juga :)

awalnya tergiur dengan adanya potongan diskon memakai kartu kredit mandiri hypermart untuk belanja di hypermat karena biasanya dalam setiap bulan pasti ada promo yang menyebutkan ada potongan belanja menggunakan mandiri hypermart sebesar 10% sampai 15%. karena masih belum paham banget dengan ilmu agama otomatis tergiur dengan promo tersebut. lumayan hemat pikir saya. akhirnya bikinlah kartu kredit hypermart di bulan maret 2012 dengan biaya 150rb setahun. terus lagi ada tawaran kartu kredit bebas biaya seumur hidup di kantor. akhirnya ikut bikin juga di bulan november 2012. jadinya dalam 1 tahun punyak 2 kartu kredit hehehe.

seiring dengan berjalannya waktu kami sering dengar ceramah yang menyebutkan bahaya riba. walaupun kami juga masih punya hutang di bank konvensional untuk beli rumah yang notabene termasuk dalam kategori riba, kami berusaha untuk bisa bebas dari apapun bentuk riba. kita mulai menabung agar hutang yang di bank bisa segera lunas walaupun sampai sekarang masih belum cukup untuk melunasinya. kita masih terus berusaha agar hutang ini dapat lunas. kemudian masalah kartu kredit. awalnya saya mikir selama kita tidak memanfaatkan bunganya masih tidak tergolong riba ternyata yang menyebabkan sesuatu itu riba atau bukan adalah akad awalnya. dalam akad kartu kredit pasti disebutkan jika kita tidak mampu membayar maka kita dibebani bunga yang setiap bulan akan terus bertambah sesuai dengan perhitungan mereka. nah inilah yang menyebabkan kartu kredit termasuk salah satu cabang riba.

akhirnya saya putuskan untuk menutup semua kartu kredit yang saya gunakan.
13 Oktober
saya menghubungi mandiri call 14000. awalnya diterima oleh bagian cs-nya kemudian dicocokkan datanya dan saya bilang mau menutup kartu kredit 2 buah lalu disambungkan dengan bagian kartu kredit. pas nunggu ternyata pulsa saya habis. isi pulsa dulu kemudian telp ke mandiri call lagi dengan prosedur seperti yang tadi. nunggu disambungkan ke bagian kartu kreditnya 2-3 menit dan ternyata pihak kartu kreditnya lagi sibuk belum bisa dihubungi kemudian cs-nya bilang untuk saat ini kartunya sudah diblokir/sudah tidak dapat digunakan. mereka minta no telp yang bisa dihubungi dan menyuruh nunggu 2-3 pihak mandiri akan menghubungi kita untuk proses penutupan kartu kreditnya. apabila dalam jangka waktu 2-3 hari tidak ada yang menghubungi maka kartu kredit tersebut sudah otomatis ditutup.
17 Oktober
jadwal belanja bulanan di hypermart. kata suami coba saja ngetes pakai kartu kredit hypermat masih bisa digunakan apa tidak. akhirnya pas di kasir nyoba bayar memakai kartu kredit tersebut dicoba 2 kali ternyata tidak bisa berarti kartunya sudah tidak aktif dong. seneng juga akhirnya ditutup juga tinggal nanti konfirmasi lagi ke mandiri call.
19 Oktober
hubungi mandiri call lagi untuk konfirmasi penutupan kartu kredit. standarnya dicocokin datanya dulu kemudian setalah cocok mereka mengkonfirmasi bahwa kartu kredit saya sudah ditutup per tanggal 15 Oktober sesuai dengan pengaduan no 2141770 dan 2141771 tanggal 13 Oktober.
tinggal nanti kalau ada waktu, datang ke bank terdekat dan kalau bisa akan minta konfirmasi tertulis dari pihak bank bahwa kartu kredit saya sudah ditutup untuk jaga-jaga saja dan buat pegangan saya jika nanti muncul tagihan kartu kredit lagi. untuk sementara saya hanya megang rekaman pembicaraan dengan pihak customer service call yang menyatakan bahwa kartu kredit saya sudah ditutup per tanggal 15 Oktober sesuai pengaduan diatas.

alhamdulillah seneng banget rasanya sudah bisa menutup kartu kredit. sudah tidak ada beban lagi untuk masalah kartu kredit. tinggal masih harus menabung untuk menutup hutang riba dalam bentuk kpr. semoga Allah selalu menolong hambanya yang ingin berbuat baik di jalannya. amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar