Rabu, 18 Maret 2015

cireng

karena kami pernah beli rujak cireng online dan karena kalau beli online ongkos kirimnya mahal maka nyoba bikin cireng sendiri hihihihih

bahan:
150 gr tepung aci/tapioka/kanji
2 siung bawang putih cincang halus
1/2 sdt garam
1 batang daun bawang iris halus
tepung tapioka untuk taburan

biang:
50 gr aci
150 ml air suhu ruang

cara membuat:
1. dalam sebuah wadah campur aci, bawang puti, garam dan daun bawang. aduk rata. sisihkan.
2. biang : dalam panci campur aci dan air, aduk sampai acinya larut. nyalakan api kecil danrebus sambil diaduk-aduk sampai kental, liat dan bening seperti lem.
3. segera tuang biang panas ke campuran aci kering. uleni pelan-pelan menggunakan tangan. hati-hati ya karena biang masih panas, gunakan ujung jari saja untuk nguleni. setelah menghangat, uleni menggunakan telapak tangan sampai rata dan jadi menggumpal. proses ini menggunakan sedikit tenaga suapaya aci bisa menyatu dengan biangnya.
4. taburi tangan dengan aci, ambil sejumput adonan dan bentuk menjadi bulat pipih. lakukan sampai adonan habis. supaya tidak melekat satu sama lain taburi setiap lembar adonan dengan aci.
5. panaskan minyak goreng yang banyak. setelah panas, ambil sebuah adonan tekan-tekan/cubit-cubit pinggirnya sampai tipis. masukkan dalam minyak panasdan goreng menggunakan api agak kecil sampai matang dan sedikit kering. angkat dan tiriskan. sajikan hangat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar